Peristiwa
Ini Kunci Disnakertrans Banyuwangi Atasi Perselisihan Perusahaan dan Karyawan
04-08-2017 - 11:11 | Views: 16.90k
Narasumber Sosialisasi, Toyib Kamino (kiri) dan Muhamad Yahya Bagian Hubungan Industrial Disnakertrans Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
Narasumber Sosialisasi, Toyib Kamino (kiri) dan Muhamad Yahya Bagian Hubungan Industrial Disnakertrans Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tumbuhnya perusahaan-perusahaan di Banyuwangi terkadang dapat menimbulkan masalah-masalah antara pihak perusahaan dengan pihak karyawan. Dalam mengatasi persoalan tersebut Dinas Ketenagakerjaan dan Trasmigrasi (Disnakertrans) monsosialisasikan Undang-undang nomor 2 tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Kadisnakertrans, Syaiful Alam Sudrajat diwakili oleh Kepala Bidang Hubungan Industrial (Kabid HI), Nyamat mengatakan, situasi iklim perekonomian yang sedang tumbuh di Banyuwangi itu seyogyanya didukung hubungan baik antara perusahaan dan karyawan, Misalkan, ketika terdapat perselisihan antara kedua belah pihak diharapkan untuk menyelesaikan secara kekeluargaan.

“Sesuai amanat undang-undang jika terdapat perselisihan diupayakan untuk mediasi atau perundingan bipartit dan atau tripartit. Dan diharapkan juga dapat meminimalisir terjadinya perselisihan,” kata Nyamat saat ditemui di kantornya, Kamis (3/8/2017).

Perselisihan terjadi, sambung Nyamat, biasanya terkait dengan upah atau gaji karyawan dibawah UMK sebesar Rp 1,73 juta. Sejauh ini hal itu masih kerap ditemukan. Diharapkannya, ketika ada persoalan mengenai gaji karyawan, yang bersangkutan melaporkan kepada pihak Disnakertrans.

“Yang paling sering itu masalah UMK dan PHK secara sepihak oleh perusahaan. Tapi kita berharap agar langsung melaporkan ke pihak Disnakertrans dan mengisi blanko pengaduan. Selain itu kita juga menyediakan konsiliator, dan pengalaman kami hampir 95 persen perselisihan dapat terselesaikan.

Sebelumnya, acara sosialisasi diselenggarakan di Hall Mendut Banyuwangi. Acara ini menghadirkan sejumlah perwakilan dari pihak perusahaan dan karyawan yang ada di Banyuwangi. Acara sosialisasi dilaksanakan untuk menjaga iklim investasi maupun situasi perekonomian yang kondusif. (*)

Pewarta
: Hafil Ahmad
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani
Sumber
: