Gaya Hidup
Sulit Tidur? Atasi dengan Makanan Ini
04-08-2017 - 03:15 | Views: 77.97k
ILUSTRASI. Susah tidur. (Foto: Live Science)
ILUSTRASI. Susah tidur. (Foto: Live Science)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masalah sulit tidur dapat diatasi dengan konsumsi makanan tertentu. Menurut sleep expert, Sammy Margo, makanan tertentu dapat membuat Anda mudah terlelap dan makanan yang salah membuat kita terjaga sepanjang malam.

Berikut 5 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi sulit tidur berdasarkan rekomendasi dari Margo, dilansir dari Tempo.

1. Pisang
Pisang yang selama ini dianggap sebagai makanan untuk meningkatkan energi ternyata juga kaya akan magnesium yang dapat merelaksasi otot-otot tubuh. Di saat yang sama, pisang juga mengandung senyawa serotonin dan melantonin yang mendorong seseorang untuk terlelap.

2. Kacang badam 
Dikenal sebagai makanan yang kaya akan lemak, kacang badam juga mengandung tryptophan dan magnesium. Keduanya secara alami dapat mengurangi kerja otot dan saraf sekaligus menjaga kestabilan detak jantung.

3. Madu
Satu sendok makan madu mampu menstimulasi tubuh untuk melepaskan melatonin dalam otak dan menonaktifkan orexin – hormon yang membuat kita terjaga. 

4. Gandum
Selain dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin, mineral, asam amino untuk kepentingan perilisan melatonin, gandum juga mendorong produksi insulin sekaligus meningkatkan kadar gula dalam darah secara alami.

5. Daging kalkun
Salah satu sumber makanan yang mengandung tryptophan tinggi, daging kalkun. Selain itu, daging kalkun juga kaya akan protein yang membuat lebih lama kenyang. (*)

Pewarta
:
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani
Sumber
: