Gaya Hidup
Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Menyetrika
04-08-2017 - 04:16 | Views: 149.16k
ILUSTRASI. Kesalahan-kesalahan kecil sering dilakukan saat menyetrika. (Foto: mirror.co.uk)
ILUSTRASI. Kesalahan-kesalahan kecil sering dilakukan saat menyetrika. (Foto: mirror.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hampir setiap hari Anda menyetrika pakaian sendiri, tapi tak sadar telah melakukan kesalahan dalam menyetrika. Dengan menghindari kesalahan saat menyetrika, pakaian akan lebih awet, pekerjaan menjadi ringkas, dan hemat listrik.

Mengutip laman Boldsky, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menyetrika pakaian dan cara menghindarinya.

1. Kesalahan: Menyetrika pakaian tanpa alas yang cukup
Cara menghindari: Gunakan setidaknya 2-3 selimut di meja untuk memberi bantalan yang cukup saat menyetrika. Permukaan tempat menyetrika pakaian harus lembut. Jika menyetrika tanpa bantalan yang cukup, Anda tidak bisa menghilangkan bagian pakaian yang berkerut atau kusut.

2. Kesalahan: Menyetrika pakaian tanpa melembapkannya
Cara menghindari: Teteskan air pada pakaian yang disetrika atau gunakan setrika yang dilengkapi dengan alat penyiram. Sedikit kelembapan pada pakaian akan membantu menghilangkan kerutan. Jadi jika kesulitan melicinkan pakaian, alih-alih mengutak-atik pengaturan suhu setrika, coba teteskan air pada pakaian.

3. Kesalahan: Mengabaikan pengaturan panas
Cara menghindari: Bacalah petunjuk di pakaian. Kenali karakter bahan dan patuhi instruksi bagaimana menyetrika pakaian tersebut. Anda juga perlu tahu variasi pengaturan panas. Kain halus membutuhkan suhu rendah, sedangkan beberapa jenis kain tebal dan keras membutuhkan suhu yang lebih tinggi. 

Instruksi yang disertakan pada pakaian akan menjelaskan kebutuhan suhu kain tersebut. Pastikan Anda mengikuti pengaturan suhu yang tepat karena jika setrika terlalu panas dapat merusak bahkan membakar pakaian. Sedangkan suhu setrika yang kurang panas membuat bagian pakaian yang berkerut sukar dilicinkan.

4. Kesalahan: Mengabaikan kebersihan
Cara menghindari: Sebelum dan sesudah menyetrika, pastikan membersihkan permukaan setrikaan. Jika Anda mengabaikan hal-hal seperti itu, debu pada setrikaan bisa merusak tampilan pakaian putih. Hindari kesalahan dengan membersihkan setrika secara teratur. (*)

Pewarta
:
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani
Sumber
:
  • Berita Terkait