Kesehatan
Sering Menidurkan Bayi di Dada, Ini Akibatnya
04-08-2017 - 06:35 | Views: 74.66k
ILUSTRASI. Menidurkan bayi di dada. (Foto: webmd.com)
ILUSTRASI. Menidurkan bayi di dada. (Foto: webmd.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dada ayah atau ibu biasanya menjadi tempat yang nyaman untuk bayi tidur. Bayi akan merasa tenang dan hangat sehingga bisa tidur nyenyak. Meski demikia kebiasaan ini hendaknya tidak dilakukan.

Dilansir dari Kompas, kebiasaan ini dapat menyebabkan sesak napas atau sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Demikian menurut penelitian yang dilakukan oleh Lullaby Trust, organisasi yang memberi saran keamanan tidur pada bayi.

Para ahli dari organisasi tersebut menyebutkan, orangtua yang tertidur dengan membiarkan bayi terlelap di dadanya adalah tindakan berbahaya. Risiko SIDS pada bayi akan meningkat sampai 50 persen.

Bukan hanya itu, menurut salah satu laporan di Inggris dan Wales, diperkirakan satu dari enam bayi yang mengalami SIDS ditemukan tertidur dengan orang dewasa di sofa.

"Tidur di sofa atau kursi dengan bayi adalah salah satu situasi paling beresiko," kata juru bicara Lullaby Trust.

Menurut Lullaby Trust, jika bayi tertidur saat sedang dipeluk di dada, segera letakkan di tempat tidurnya. Sementara itu, jika ibu menyusui, sebaiknya ada orang dewasa lain yang menemani atau susui bayi dalam posisi yang tidak memungkinkan bayi tertindih. (*)

Pewarta
:
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani
Sumber
: