Peristiwa
Pemkab Banyuwangi Tebar 500 Ribu Bibit Ikan ke Sungai
29-05-2017 - 18:30 | Views: 14.43k
Kegiatan menebar benih ikan dan udang dilakukan di sungai yang memiliki plengsengan berwarna. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Kegiatan menebar benih ikan dan udang dilakukan di sungai yang memiliki plengsengan berwarna. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyebar 500 ribu ekor bibit ikan dan udang di belasan sungai di beberapa kecamatan. Hal itu dilakukan untuk kembali memulihkan stok ikan di sungai-sungai tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahan Pangan (Disperipangan) Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo mengatakan kegiatan ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan keanekaragaman jenis ikan di sungai sekaligus upaya pengendalian lingkungan.

"Penebaran benih ini dilakukan sebagai upaya mempertahankan stok ikan di sungai selain itu juga untuk mempertahankan kelestarian sungai, karena diharapkan dengan banyaknya ikan disungai masyarakat akan ikut menjaga kebersihan sungai-sungai," kata Hary, Senin (29/5/2017).

Dia menjelaskan, benih ikan yang ditebar merupakan ikan bernilai ekonomis yang bisa dibudidayakan seperti tombro, nila dan lele dan patin. Kegiatan yang merupakan kelanjutan dari Festival Kali Bersih itu melibatkan Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) 14 kecamatan yang menjadi sasaran kegiatan.

"Apabila masyarakat tahu sungainya ditebar benih ikan, mereka juga akan terdorong untuk menjaga kebersihan sungai," kata Hary.

Hary menambahkan, perairan umum seperti sungai, mempunyai posisi yang strategis dan berfungsi multi guna. Di Banyuwangi selain dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan untuk pariwisata.(*)

Pewarta
: Ahmad Su'udi
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani
Sumber
: